Perbedaan Ubi Cilembu dengan Ubi Biasa yang Menonjol

by -16 views
Perbedaan Ubi Cilembu dengan Ubi Biasa yang Menonjol

Perbedaan ubi cilembu dengan ubi biasa mungkin memang belum banyak orang yang mengetahuinya. Pasalnya, sekilas kedua jenis ubi ini hampir mirip bentuknya. Tak heran jika mereka sulit untuk mengenali jenis ubi tersebut.

Pada dasarnya dalam kedua tanaman ini merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Ubi cilembu biasanya disebut dengan ubi madu, sebab memiliki rasa manis seperti madu. Orang-orang banyak mengonsumsi ubi cilembu sebagai salah satu menu pembantu diet.

Cara menyantap hidangan ubi cilembu tidaklah sulit. Sangat cocok dengan segelas kopi maupun teh. Apalagi waktu konsumsi pagi dan sore akan mendukung proses penurunan berat badan.

Perbedaan Ubi Cilembu dengan Ubi Biasa

Jangan salah pilih ketika akan mengonsumsi ubi cilembu. Pasalnya, jika tidak bisa membedakannya dengan ubi biasa akan sia-sia saat mengonsumsinya. Hal ini mungkin sering menyerang anak-anak muda yang sulit membedakan jenis ubi.

Sekilas memang bentuknya hampir sama. Ubi cilembu identik dengan warna kulitnya yang sangat coklat. Berbeda dengan ubi biasa yang memiliki warna kulit bervariasi. Berikut perbedaan yang ada pada ubi cilembu dengan ubi biasa:

Warna

Seperti yang tertera pada tulisan di atas bahwa perihal warna kulit antara ubi biasa dan ubi cilembu itu berbeda. Pasalnya, ubi cilembu hanya ada satu jenis.

Berbeda dengan ubi biasa yang memiliki beberapa jenis. Misalnya ubi ungu yang memang banyak peminatnya. Warna kulit ubi cilembu sangat coklat, sedangkan ubi biasa ada yang ungu dan coklat pudar.

Ketebalan Kulit

Perbedaan ubi cilembu dengan ubi biasa selanjutnya bisa dari ketebalan kulitnya. Jika memperhatikan kulit ubi cilembu akan lebih tebal daripada kulit ubi biasa. Ketebalan kulit ubi biasa sangat tipis, bahkan sekali usap bisa mengelupas.

Berbeda dengan kulit ubi cilembu yang harus mengupasnya dengan alat bantu. Bahkan saat sudah matang juga masih terlihat tebal. Agak lebih mudah membukanya daripada kulit ubi biasa yang tipis.

Tekstur Daging

Dari segi tekstur tentunya sangat berbeda. Ubi cilembu memiliki tekstur daging yang lembut dan mudah melebur. Ketika matang ubi cilembu akan mudah hancur.

Berbeda dengan ubi biasa yang memiliki tekstur daging agak padat. Hal ini membuat ubi yang matang tidak mudah hancur atau masih tetap padat.

Kebutuhan Lahan

Berbicara soal lahan tanam umbi-umbian ini tentunya memiliki sebuah perbedaan. Ubi cilembu hanya bisa tumbuh pada tanah yang memiliki unsur hara yang besar. Perbedaan ubi cilembu dengan ubi biasa ini akan sangat mencolok sekali.

Ubi cilembu sangat cocok tumbuh di daerah Jawa Barat. Sebab keadaan tanahnya sangat mendukung perkembangan ubi agar bisa maksimal. Sedangkan ubi biasa bisa tumbuh pada jenis tanah apapun,

Artinya tidak harus membutuhkan tanah yang subur. Ubi biasa mudah tumbuh dimana saja, misalnya pekarangan rumah, kebonan, dan lain sebagainya.

Rasa

Masuk ke dalam perbedaan rasa dari ubi cilembu dengan ubi biasa. Hal ini akan terlihat perbedaan yang sangat jauh. Ubi cilembu memiliki daging yang rasanya sangat manis seperti madu.

Bahkan ketika sudah matang, akan mengeluarkan cairan seperti madu yang menambah rasa manis pada ubi ini. Sedangkan ubi biasa rasanya tidak begitu manis. Perbedaan ubi cilembu dengan ubi biasa ini memang sangat jauh.

Kandungan

Melihat dari segi kandungan, kedua jenis ubi ini juga memiliki perbedaan. Banyak manfaat ubi cilembu bagi kesehatan tubuh manusia. Mungkin ubi biasa juga menyimpannya.

Namun, ubi biasa jenis kandungan yang tersimpan berbeda dengan ubi cilembu. Jika ubi cilembu bisa sebagai makanan pembantu diet. Ubi biasa belum bisa membantu dalam proses penurunan berat badan.

Harga

Melihat dari segi harga, tentu sangat berbeda antara kedua jenis ubi ini. Harga ubi cilembu akan lebih mahal daripada ubi biasa. Mengingat dalam proses penanaman hingga perawatan akan lebih sulit ubi cilembu.

Berbeda dengan ubi biasa yang bisa tumbuh pada keadaan tanah yang biasa saja. Bahkan tidak membutuhkan perawatan khusus seperti ubi cilembu. Dengan begitu, harganya jauh lebih murah hingga lima kali lipat.

Itulah perbedaan ubi cilembu dengan ubi biasa yang belum banyak orang yang mengetahuinya. Kini seharusnya orang-orang sudah bisa membedakan ketika akan membeli ubi cilembu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *