Manfaat Ubi Cilembu dan Kandungannya Baik untuk Tubuh

by -0 views
Manfaat Ubi Cilembu dan Kandungannya Baik untuk Tubuh
Foto : specialtyproduce.com

Ubi cilembu merupakan makanan pokok yang sudah lama dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Nama ubi ini diambil dari asal tumbuhnya tanaman ini pertama kalinya. Tumbuh di Desa Cilembu, Sumedang, Jawa Barat. Manfaat ubi cilembu dan kandungannya sangat berguna bagi kesehatan.

Ubi cilembu biasa disebut dengan ubi madu. Pengolahan ubi ini biasanya dengan cara dioven atau dibakar untuk menambahkan cita rasa. Ubi ini tidak cocok diolah dengan cara direbus atau digoreng. Sebab kandungan yang ada pada ubi ini bisa berkurang.

Rasanya sangat manis seperti madu. Nah, rasa manis ini menunjukkan adanya kandungan karbohidrat pada ubi ini. Banyak orang yang menganggap bahwa ubi cilembu hanyalah makanan camilan. Padahal dibalik itu semua, ubi cilembu menyimpan banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Cara penyajian yang tepat juga akan membuat santapan ini menjadi lebih lezat. Bisa dihidangkan dengan minuman teh panas. Sangat baik dikonsumsi untuk sarapan pagi dalam kondisi yang masih hangat.

Manfaat Ubi Cilembu dan Kandungannya

Banyak sekali kandungan ubi cilembu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tak hanya digunakan sebagai pengganti nasi, ubi ini menyimpan banyak khasiat di dalamnya. Diketahui bahwa ubi cilembu memiliki kandungan serat, antioksidan, vitamin A, C, D, E, B2, B6, dan mineral (zat besi, folat, serta mangan).

Kandungan di dalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Tak hanya itu, ubi cilembu juga bisa membantu dalam proses diet. Berikut adalah manfaat yang bisa didapatkan setelah mengonsumsi ubi cilembu:

Mencegah Kekurangan Vitamin A

Ubi cilembu memiliki kandungan vitamin A yang sangat penting bagi tubuh. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan berbagai gangguan fungsi organ manusia. Tubuh bisa lebih rentan terkena penyakit menular, kesehatan mata juga akan terganggu serta bisa menurunkan kekebalan tubuh pada ibu yang sedang hamil atau menyusui.

Makanan yang satu ini merupakan salah satu sumber vitamin A karena memiliki kadar beta-karoten yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa membantu tubuh dalam melawan infeksi. Bahkan bisa mempertahankan tubuh dari infeksi lanjutan.

Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat ubi cilembu dan kandungannya sangat banyak bagi tubuh. Salah satunya adalah mampu mengurangi risiko diabetes. Ubi cilembu memiliki manfaat untuk mengatur kadar gula darah. Terutama bagi seseorang yang menderita diabetes tipe I dan tipe II.

Sebanyak 77% serat yang ada pada ubi cilembu tidak larut yang nantinya memiliki peran dalam memerangi diabetes. Serat ini sangat penting dalam meningkatkan sensitivitas insulin yang kemudian bisa mengatur jumlah gula dalam darah. Ubi cilembu juga mengandung magnesium yang bisa mengurangi risiko penderita diabetes tipe II.

Kandungan Anti-inflamasi Mencegah Peradangan Usus

Ubi cilembu tidak hanya mengandung banyak vitamin, tetapi juga mengandung anti-inflamasi. Terbukti adanya kandungan anthocyanin dan kolin dalam ubi ini bisa mencegah peradangan pada usus besar. Hal ini yang membuat ubi cilembu berperan penting dalam mengurangi peradangan kronis dalam tubuh.

Menjaga Imunitas Tubuh

Tingginya kandungan vitamin C pada ubi cilembu sangat bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh. Secara otomatis energi pada tubuh akan terpenuhi dan tubuh menjadi kuat. Dengan begitu, akan terhindar dari serangan penyakit yang diakibatkan oleh virus.

Meningkatkan Kesehatan Rambut dan Kulit

Manfaat ubi cilembu dan kandungannya juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Pasalnya, kandungan dalam ubi cilembu tidak hanya berupa vitamin A, tetapi juga adanya vitamin E yang cukup tinggi dan vitamin C. Kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut.

Vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk memperbaiki kulit yang rusak akibat paparan sinar UV. Ubi cilembu juga bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan sel di kulit. Sehingga kulit akan tetap kenyal dan tampak awet muda. Kandungan vitamin E bermanfaat dalam perawatan alopecia serta kesehatan rambut.

Membantu Mengelola Stres

Siapa sangka bahwa ubi cilembu bisa membantu mengelola stres. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan magnesium. Kandungan ini bisa membantu mengurangi stres dan mengatasi kecemasan. Bahkan, magnesium bisa mengurangi insomnia pada orang yang berusia lanjut. Pasalnya, insomnia merupakan salah satu pemicu utama stres, depresi, dan rasa cemas.

Menjaga Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang ada pada ubi cilembu bisa menjaga kesehatan usus serta pencernaan. Dengan begitu, ubi cilembu sangat bermanfaat dalam memperlancar sistem pencernaan. Mengonsumsi ubi ini bisa meningkatkan asupan serat. Lalu bisa mengatasi sembelit pada anak-anak hingga orang dewasa.

Cara Memasak Ubi Cilembu

Untuk mendapatkan manfaat ubi cilembu dan kandungannya, perlu memperhatikan cara memasaknya dengan tepat dan benar. Dengan memperhatikan cara memasaknya, tidak akan mengubah cita rasa asli dari ubi ini. Rasa madu yang ada di dalamnya akan keluar dan bisa dinikmati dengan lezat.

Ubi cilembu sebaiknya disimpan selama 5-10 hari terlebih dahulu sebelum memasuki tahapan pengovenan. Memasak ubi cilembu juga bisa dengan cara direbus. Teknik merebus yang benar yaitu tidak perlu menambahkan apapun agar kandungan yang ada di dalamnya tidak hilang.

Cara Menanam Ubi Cilembu

Tanaman ubi cilembu biasanya ditanam dengan cara generatif dan vegetatif. Cara vegetatif ini biasanya dengan teknik stek. Dalam penanamannya membutuhkan lahan yang memiliki drainase baik dan tidak becek. Pada dasarnya ubi cilembu membutuhkan kualitas tanah yang tidak gembur. Apabila tanah belum memadai, sebaiknya dilakukan proses penggemburan terlebih dahulu.

Dalam perawatan tanaman ini sangat mudah. Intensitas hujan selama dua minggu sekali sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan air pada ubi cilembu. Jangan lupa untuk melakukan proses penyulaman jika tanaman ini ditanam dengan teknik stek.

Perbedaan Ubi Cilembu dengan Ubi Biasa

Setelah mengetahui manfaat ubi cilembu dan kandungannya, maka wajib mengetahui perbedaan dari ubi cilembu dengan ubi biasa. Dilihat dari rasanya sudah pasti berbeda. Walaupun sama-sama manis, namun masih lebih manis ubi cilembu karena memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.

Sedangkan dari segi tekstur, ubi biasa sangat legit tetapi ubi cilembu memiliki tekstur yang sangat pulen, empuk, dan lembut. Dari warna juga tentu berbeda. Ubi biasa memiliki warna orange yang agak pudar. Tetapi ubi cilembu memiliki warna yang sangat pekat.

Kalori Ubi Cilembu

Kandungan kalori yang ada pada ubi cilembu ini sangat rendah. Apabila ubi cilembu ini dimasak dengan cara dibakar beserta kulitnya, maka akan mengurangi kalori sebesar 103 kalori. Sehingga mengonsumsi ubi cilembu sangat cocok bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet.

Dengan jumlah kalori yang rendah, tidak perlu khawatir dengan kolesterol yang dikandungnya. Hal ini karena ubi cilembu tidak mengandung lemak. Ubi cilembu diperkaya untuk kesehatan mata karena adanya kandungan vitamin A yang sangat banyak.

Manfaat ubi cilembu dan kandungannya yang sangat banyak membuat makanan satu ini kerap diburu oleh orang-orang. Terlebih lagi bagi mereka yang sedang menjalani proses diet. Sebab kandungan pada ubi cilembu sangat mendukung proses penurunan berat badan. Manfaat yang diberikan pun tidak hanya seputar mengenai organ dalam saja, melainkan kulit dan rambut juga akan ternutrisi dengan baik.

 

3 thoughts on “Manfaat Ubi Cilembu dan Kandungannya Baik untuk Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *