Cara Menanam Ubi Cilembu Raih Hasil yang Maksimal

by -52 views
Cara Menanam Ubi Cilembu Raih Hasil yang Maksimal

Cara menanam ubi cilembu sangatlah mudah. Pasalnya, jenis tanah dan cuaca dalam menanam ubi ini tidak terlalu terkait dengan keadaan tertentu. Siapa saja bisa menanam ubi cilembu, baik untuk konsumsi sendiri maupun berjualan.

Menanam ubi cilembu akan mendatangkan banyak keuntungan. Sebab modalnya tidak banyak dan hasilnya bisa luar biasa. Apalagi jika mengetahui cara menanamnya, akan mempermudah dalam mencari ubi cilembu.

Ketika rutin konsumsi ubi cilembu juga sangat aman. Sebab penggunaan pupuk kimia bisa terkontrol dengan baik. Berbeda dengan ubi cilembu hasil perkebunan pasaran.

Terkadang penggunaan pupuk kimianya sangat banyak. Sebab mereka lebih mengejar keuntungan daripada kualitas ubi cilembu.

Cara Menanam Ubi Cilembu dengan Mudah

Ubi cilembu merupakan tanaman yang fleksibel. Artinya bisa ditanam pada ladang atau kebun. Bahkan bisa juga penanamannya berada pada pekarangan rumah. Berikut adalah cara menanamnya:

Memilih Waktu Tanam yang Tepat

Hasil panen ubi cilembu akan melimpah saat penanamannya pada iklim yang hangat. Sebab ubi cilembu merupakan jenis tanaman tropis. Sehingga lebih cocok dengan hari-hari yang panas dan keadaan malam yang hangat.

Waktu tanam yang baik adalah akhir musim penghujan atau awal musim kemarau. Pada waktu tersebut tanah sudah menghangat pada suhu minimal 18,5 C. Solusi untuk menghangatkan tanah bisa menggunakan plastik hitam.

Pemilihan Lahan

Untuk menanam ubi cilembu sangat cocok pada area dataran rendah. Lahan penanaman harus bersih dari tanaman liar atau polutan yang mengganggu. Ubi cilembu akan cocok berada pada keadaan tanah yang memiliki drainase baik, gembur, dan kaya akan bahan organik.

Agar lahan memiliki kualitas tanah yang baik, sebaiknya tambahkan pupuk kandang secukupnya. Cara menanam ubi cilembu ini bisa dengan mendiamkan tanah selama seminggu sebelum tahap penanaman. Bertujuan agar tanah mendapatkan cahaya matahari untuk mematikan hama.

Benih

Ubi cilembu yang berasal dari Indonesia pembibitannya banyak yang menggunakan cara vegetatif. Memperoleh bibit ubi bisa pesan melalui online atau toko bibit tanaman. Apabila akan menanam banyak ubi, sebaiknya membuat stek batang sendiri agar menghemat biaya.

Penanaman

Stek batang yang sudah siap bisa lanjut ke proses penanaman. Setelah waktu 6 minggu, biasanya tunas sudah tumbuh dan saatnya memindahkan ke lahan. Tunas bisa anda letakkan pada gundukan tanah yang sebelumnya sudah ada.

Kedalaman dalam menanam tunas ubi biasanya sekitar 30 cm. Selama tanah memiliki kelembaban yang cukup akan memiliki akar yang tumbuh dalam waktu 2 minggu. Apabila cuaca tidak hangat, bisa menutupnya dengan kain taman selama 3-4 minggu.

Cara menanam ubi cilembu dengan metode penutupan bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan awal. Tak hanya itu, metode ini bisa mengurangi stres pada calon tanaman ubi cilembu

Pertumbuhan Vegetatif

Setelah tunas pertama daun sejati akan muncul daun, ranting, dan batang pada tanaman ubi. Dalam berjalannya waktu tanaman akan membutuhkan tambahan tempat untuk merambat.

Hal ini anda harus mempertimbangkannya sebulan sebelum tanaman tumbuh besar. Sinar matahari yang cukup akan mendorong banyak perkembangan pada tanaman ubi cilembu.

Perawatan Ubi Cilembu

Layaknya tanaman lain, ubi cilembu juga membutuhkan perawatan khusus agar bisa memberikan hasil yang maksimal. Perawatan yang rutin akan menghasilkan ubi yang memiliki kualitas baik. Manfaat ubi cilembu pun bisa semakin terasa. Ada beberapa jenis perawatan yang bisa anda gunakan.

Pertama adalah penyiangan dan penyulaman. Dalam 40 hari pertama harus selalu membersihkan area lahan dari gulma yang mengganggu tanaman. Perawatan yang baik merupakan cara menanam ubi cilembu yang paling tepat.

Kedua adalah dengan melakukan penyiraman. Melakukan penyiraman secara rutin pada pagi hari adalah langkah yang paling tepat. Tentunya harus menyesuaikan dengan kebutuhan air ubi cilembu.

Ketiga adalah melakukan pemberantasan hama. Dalam hal ini, bisa menggunakan pestisida organik. Namun, penggunaannya juga harus memperhatikan aturan agar tidak menyebabkan pencemaran tanah, air, dan udara.

Masa Panen

Waktu terbaik untuk memanen ubi cilembu ketika daunnya sudah menguning. Lamanya waktu sekitar 3,5 sampai 4 bulan masa tanam. Untuk memanen ubi cilembu, sebaiknya menggunakan sekop agar ubi mudah keluar dari tanah.

Itulah cara menanam ubi cilembu yang benar dan mudah. Lakukan dengan teliti dan tekun agar hasilkan ubi cilembu sesuai dengan keinginan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *